Dalam kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, rem merupakan salah satu komponen yang tergolong sangat penting. Jika tidak mendapatkan perhatian khusus dari pengendara, maka akan berdampak buruk, seperti kecelakaan yang dapat mempertaruhkan nyawa pengendara dan penumpangnya.

Menyikapi hal tersebut, Workshop Head Hyundai Mobil Pondok Indah, Ismail Nugroho, mencoba untuk memaparkan cara untuk mengatasi laju kendaraan saat mengalami rem blong. Menurutnya banyak hal yang harus diperhatikan konsumen, terutama dalam memeriksa layak atau tidaknya rem pada kendaraannya.

Hal yang harus diperhatikan pengendara sebelum mengendarai mobilnya yakni, mengecek minyak rem. Hal ini merupakan tahap dasar sebelum melakukan perjalanan. Jika minyak rem sudah berubah warna sebaiknya harus diganti dengan yang baru.

“Memeriksa minyak rem merupakan tahap dasar, namun merupakan hal terpenting. Jika sudah berubah warna menjadi coklat, maka harus diganti. Karena kualitas warna tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas pengereman pada kendaraan tersebut,” terang Ismail, saat dihubungi Okezone, Selasa (24/1/2012).

Menurut Ismail, setelah melakukan pengecekan pada minyak rem, hal yang harus dilakukan pengendara yakni, memeriksa booster dan pedal rem dengan cara menginjak pedal rem dalam keadaan mesin mati, lalu kembali menyalakan mesin dan tetap menginjak pedal rem tersebut.

“Memeriksa pedal rem, dapat dilakukan secara manual oleh kita. Salah satunya dengan cara menginjak pedal rem dalam keadaan mesin mati dan setelah itu kita nyalakan mesin mobiol sambil menginjak pedal rem. Pedal rem yang masih bagus jika di injak dalam keadaan mesin mati akan ada tekanan dan saat mesin dinyalakan pedal tersebut akan sedikit kendor. Itu dapat dinyatakan bahwa pedal rem masih bagus,” beber Ismail.

Namun, Ismail menambahkan, lain halnya jika kita mengalami rem blong saat mobil sedang berjalan. Ada beberapa cara untuk mengatasi rem blong saat kendaraan sedang melaju.

Saat mobil sedang melaju dan tiba-tiba mengalami rem blong, cara yang harus dilakukan pengendara yakni, cobalah memompa rem secepat mungkin, jika gagal turunkan gigi persneling secara bertahap, namun jika roda mengunci, kurangi injakan pedal rem, karena efeknya akan berdampak buruk.

Selain itu, lakukan handbreak atau rem tangan. Namun dilakukan dengan cara perlahan, jangan sampai pengendara melakukan cara ini dengan tergesasa-gesa atau melakukannya dengan cara menarik rem tangan dengan sekaligus. Lakukan secara perlahan sesuaikan dengan kecepatan yang ditempuh.

“Hal itu yang banyak dilakukan pengendara untuk mengatasi rem blong saat mobil melaju, baik dalam kecepatan tinggi ataupun rendah. Namun, untuk melakukannya harus dengan hati-hati, karena jika tidak, akan berdampak buruk, mobil akan terguling dan membahayakan nyawa pengendara dan penumpangnya,” tutup Ismail

Sumber : http://autos.okezone.com/read/2012/01/24/52/562246/cara-mudah-mengatasi-rem-blong-pada-kendaraan

Konsultan Asuransi Gedung

Agen Asuransi ACA
               Konsultan Asuransi Gedung Online
Wilayah Cakupan:  Nasional
Jl. TB Simatupang Kav. 3B
Jakarta Selatan 12310
 
HP: +62 814 11 11 0799 (M3)
       +62 851 051 88 999 (Tsel)
Langsung: 021 22273104
e-mail: hadi @ AsuransiPabrik.com
           asuransiterbaikindonesia di gmail.com
ACA Asuransi Allianz AXA Asuransi Asuransi Sinarmas Tugu Asuransi

Travel International AXA

DISKON 10% - Asuransi Travel International AXaDiskon 0nline 10%

OtoMate-Bestseller

  • Mobil Pengganti
    Layanan mobil pengganti jika kendaraan menaglami perbaikan lebih dari 2 hari. Mobil pengganti bisa digunakan selama maksimal 5 hari
  • Roadside Assistance 24 Jam
    Mengalami keadaan darurat dijalan bisa dialami siapa saja. Gunakan fasilitas ini jika Anda mengalaminya. Layanan ini sementara berlaku di Jakarta.
  • MObile Claim Services
    Tidak perlu repot untuk melakukan klaim, tim kami siap mengunjungi rumah atau kantor Anda. (DKI Jakarta).

Read More

Nasabah Online

Kami memiliki 91243 guests dan tidak ada anggota yang online